EFEKTIFITAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VII MTS RAUDLATUL HUDA YA-BAKII ADIPALA CILACAP

Kutwi Supriatin,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang
diajar dengan menggunakan multimedia dan yang menggunakan video pada mata pelajaran PPKn
siswa kelas VII MTs Raudlatul Huda Ya-BAKII Adipala Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian
quasi eksperimen, dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 24 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas
VII B yang berjumlah 24 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah teknik tes dan dokumentasi. Pemberian tes dilakukan dengan cara memberi tugas kepada siswa
untuk menjawab soal pilihan ganda a, b, c, dan d dengan materi berdasarkan tema yang diberikan.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji-t (t-test). Hasil Penelitian menunjukan bahwa
adanya perbedaan skor posttest (tes akhir) antara kelas yang menggunakan multimedia dengan kelas
yang menggunakan video. Perlakuan yang berbeda antara kedua kelas tersebut menyebabkan adanya
perbedaan tingkat hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil uji-t skor posttest (tes
akhir) kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang menunjukan bahwa nilai thitung sebesar 3,639
lebih besar dari ttabel sebesar 2,013 pada taraf signifikansi 0,001 yang lebih kecil dari taraf signifikansi
yang ditentukan yaitu 0,05. Selanjutnya, diuji dengan uji-t gain score yang menunjukan bahwa dari
kedua kelompok diperoleh thitung yaitu 3,673 lebih besar dari ttabel yaitu 2,013 dan memperoleh nilai
signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia
lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar PPKn.
Kata kunci: multimedia, hasil belajar, video
Abstract
This research aimed to determine: whether there is a difference in learning outcomes of
students who are taught by using multimedia and the use of video on the PPKn subject of class VII of
MTs Raudlatul Huda Ya-BAKII Adipala Cilacap. This study is a quasi-experimental research with
Pretest-Posttest Control Group Research Design. The subjects were students of class VII A,
amounting to 24 students as experimental group and class VII B, amounting to 24 students as a
control group. Data collection technique used is the technique of testing and documentation. Testing
technique was done by giving assignments to students to answer multiple choice (a, b, c, and d)
questions based on materials of the given theme. The data analysis technique used is the technique of
the t-test. Results showed that there is a difference in posttest scores (final test) between class which
uses the multimedia and the class which uses the video. Different treatment between the two classes is
causing the differences in the level of student learning outcomes. It can be known from the results of ttest
posttest scores (final test) of experimental group and control group that showed the tdistribution of
3,639 is greater than ttable of 2,013 and 0,001 significance was level smaller than the specified
significance level of 0,05. Furthermore, tested by t-test gain score which indicates that the two groups
tdistribution is 3,673 greater than ttable namely 2,013 and the significant value of 0,001 is less than 0,05. Thus, it can be concluded that the use of multimedia is more effective in improving of PPKn subject
learning outcomes.
Keywords: multimedia, learning outcomes, video

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter