PENGARUH CD INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA

Sholeh Ismail Wais Kurniawan, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan CD Interaktif pada mata pelajaran IPA materi bentuk energi dan penggunaannya terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV SD Negeri 1 dan 2 Tanggulanom Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment, dengan variabel bebas pembelajaran dengan menggunakan CD interaktif, serta variabel terikat hasil belajar siswa. Desain penelitian yaitu pretest-posttest control group design. Subyek penelitian ini adalah 32 siswa kelas IV SD Negeri 1 dan 2 Tanggulanom Temanggung. 16 siswa kelas IV SD Negeri 2 Tanggulanom sebagai kelas eksperimen dan 16 siswa kelas IV SD Negeri 1 Tanggulanom sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan media CD Interaktif lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hal tersebut berdasarkan analisis uji-t kedua kelompok, diperoleh ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” yaitu 2,126 yang mana lebih besar dari ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ (2,042) dan memperoleh nilai signifikansi 0,042 lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan CD interaktif lebih signifikan mempengaruhi hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter