PENGEMBANGAN VIDEO STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Iga Linggar Larasti, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media video instruksional pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) yang layak untuk meningkatkan motivasi mahasiswa. Teknologi Pendidikan dalam pembelajaran model dan desain sistem pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model pengembangan Brog & Gall. Langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian awal dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk dan validasi, uji coba lapangan awal, revisi uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, revisi uji coba lapangan utama, uji coba lapangan operasional, dan penyempurnaan produk akhir. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi dan angket. Analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validasi dan uji coba lapangan dinyatakan layak. Penilaian ahli materi dengan rata-rata skor 4 termasuk dalam kategori layak, penilaian ahli media instruksional dengan rata-rata skor 4,47 termasuk dalam kategori layak, hasil uji coba lapangan awal dengan rata-rata skor 3,65 termasuk dalam kategori layak, hasil uji coba lapangan utama dengan rata-rata skor 4,11 termasuk dalam kategori layak, hasil uji coba lapangan operasional dengan rata-rata skor 4,34 termasuk dalam kategori layak. Sedangkan nilai post-tes melebihi nilai dari pre-tes yang menyatakan bahwa motivasi belajar mahasiswa meningkat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media video instruksional pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) layak digunakan untuk meningkatkan motivasi mahasiswa teknologi pendidikan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter