PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 1 SALE KABUPATEN REMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika kelas V SD melaui multimedia pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang menggunakan langkah-langkah dari Kemmis dan MC Taggart (1988), yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jumlah subyek penelitian ini adalah 25 siswa yang ada di kelas V. Hasil penelitian menunjukkan: ada peningkatan motivasi belajar siswa kelas V pada pelajaran matematika dari pra tindakan, siklus I dan siklus II. Hal ini terlihat dari peningkatan motivasi belajar matematika siswa dari pra tindakan sampai siklus I adalah sebesar 19,47% oleh observer 1, 18,40% oleh observer 2, dan 8,99% dari data angket. Sedangkan dari siklus I sampai siklus II motivasi belajar siswa meningkat sebesar 16,80% oleh observer 1, 13,60% oleh observer 2, dan 16,91% dari angket. Dengan hasil yang diperoleh pada siklus I dan II maka penelitian ini sudah tercapai tingkat keberhasilannya. Standar tingkat keberhasilan penelitian ini adalah 75%.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.