PENERAPAN MULTIMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS IV MATERI AKSARA JAWA DI SD NEGERI LEMPUYANGAN 1 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Lempuyangan I pada mata pelajaran Bahasa Jawa dengan pokok bahasan aksara jawa dengan menggunakan multimedia pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV. A SD Negeri Lempuyangan I. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus tindakan. Instrumen-instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan angket. Validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan expert judgement. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah meningkatnya motivasi belajar siswa yaitu 80% telah mencapai kriteria minimal baik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata persentase motivasi belajar Bahasa Jawa siswa meningkat. Dibuktikan dengan peningkatan persentase pratindakan yaitu 60,7%, dan setelah diadakan siklus I persentase rata-rata menjadi 75,7%. Setelah diadakan siklus II hasil rata-rata menjadi 93,9%. Sehingga dapat disimpulkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran, dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Jawa siswa kelas IV SD Negeri Lempuyangan I Yogyakarta.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.