PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL ETIKA PERGAULAN UNTUK SEKOLAH DASAR

Triyuni Maryanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan, menguji kelayakan, dan menguji kepraktisan media komik digital etika pergaulan untuk siswa kelas 3 SD. Metode yang digunakan research and development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Balirejo dengan subjek 17 siswa dan 1 guru kelas 3. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket, dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validasi ahli materi dan media menunjukkan kategori "sangat layak" (skor rata-rata 3,9). Hasil respon guru dan siswa juga menunjukkan kategori "sangat praktis" (skor rata-rata 3,7 dan 92% berturut-turut). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media komik digital etika pergaulan ini sangat layak dan praktis digunakan di SD Negeri Balirejo.


Full Text:

PDF PDF

References


Amin, A., et al. (2019). Golden age sebagai dasar pembentukan karakter anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 78-85.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2019). Proyeksi Peningkatan Kenakalan Remaja Tahun 2019. Jakarta: BPS.

Bonneff, M. (1998). Komik Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Athens: Springer.

Haryanto, T. (2015). Integrasi teknologi dalam pembelajaran untuk era digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 19-25.

Hermawati, N. (2015). Tantangan pengembangan komik edukasi berbasis digital. Jurnal Media Pembelajaran, 4(1), 32-40.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (2020). Data kasus anak berhadapan dengan hukum (ABH) 2016-2020. Jakarta: KPAI.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Puspitorini, R., et al. (2014). Pengaruh penggunaan media komik terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 25-35.

Rahmat, A. (2016). Urgensi pendidikan karakter dalam mewujudkan Indonesia emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 145-155.

Sari, R. (2020). Nilai-nilai etika pergaulan dalam pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 87-98.

Shifa, D. (2017). Peran pendidikan karakter dalam membentuk kepribadian siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(4), 123-135.

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan buku teks matematika kelas 8 dengan model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 231-243.

Sudarma, K. (2022). Media digital dalam pembelajaran karakter: Sebuah inovasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(3), 56-72.

Utami, W., et al. (2021). Pengaruh lingkungan sosial terhadap perkembangan karakter anak. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(2), 121-130.

Yamin, M. (2018). Peran sekolah dan keluarga dalam membangun etika siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 98-107.

Yazid, I. (2018). Trilogi pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam konteks pendidikan modern. Jurnal Sejarah Pendidikan, 11(2), 45-60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter