PENGARUH PENGGUNAAN CHAT GPT TERHADAP PRAGMATISME BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DALAM MENGERJAKAN TUGAS AKADEMIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi pengaruh Chat GPT
terhadap pragmatisme belajar pada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta
dalam mengerjakan tugas akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan desain korelasional. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 400
mahasiswa aktif S1 Universitas Negeri Yogyakarta. Tempat penelitian berlokasi di
Universitas Negeri Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui kuesioner secara online
melalui google form. Instrumen skala penggunaan Chat GPT menggunakan
modifikasi Mairisiska & Qadariah (2023), adapun instrumen skala pragmatisme
belajar menggunakan indikator dari David Ellis. Instrumen tersebut telah divalidasi
dengan yang diuji menggunakan nilai corrected item-total. Reliabilitas berdasarkan
koefisien Cronbach’s Alpha, pada skala Chat GPT dan pragmatisme belajar
menunjukkan nilai 𝛼 = 0,936 dan 𝛼 = 0,806. Teknik analisis data penelitian
menggunakan uji regresi linear sederhana menggunakan program IBM Statistic
SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan penggunaan
Chat GPT terhadap pragmatisme belajar mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.
Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa penggunaan Chat GPT menyumbangkan
23,1% pengaruh terhadap pragmatisme belajar.
Full Text:
PDFReferences
Adellia, R., & Varadhila, S. (2023). Dinamika Permasalahan Psikososial Masa Quarter Life Crisis Pada Mahasiswa. Psikosains: jurnal penelitian dan pemikiran psikologi, 18(1), 29-41.
Ajizah, I., & Munawir, M. (2021). Urgensi teknologi pendidikan: analisis kelebihan dan kekurangan teknologi pendidikan di era revolusi industri 4.0. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(1), 25-36.
Akastangga, M. D. F., Harmonis, S., & Al Hafidz, R. A. (2023). The impact of ChatGPT on the critical thinking ability of UIN Sunan Kalijaga students. Matrix: Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, 13(3), 157-165.
Belani, S. (2023). Artificial Intelgence Sebuah Inovasi Baru Menjual Produk (Membandingkan Keunggulan FB, WA, Instagram, Telegram dan Youtube). Lentera: Multidisciplinary Studies, 1(2), 111-118.
Bella, M. M., & Ratna, L. W. (2019). Perilaku Malas Belajar Mahasiswa Di Lingkungan Kampus Universitas Trunojoyo Madura. Competence : Journal Of Management Studies, 12(2), 280–303.
Devianto, Y., & Dwiasnati, S. (2020). Kerangka kerja sistem kecerdasan buatan dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Indonesia. IncomTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, 10(1), 19-24.
Erlianti, G. (2020). Pola Perilaku Pencarian Informasi Generasi Berperspektif Ellisian. Al Maktabah, 5(1), 1-9.
Fadli, A. M., Wahyuddin, M., & Arfah, J. (2022). Filsafat Ilmu dan Logika. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 456-463.
Fauziyah, P. R. N. (2019). Preferensi dan gaya hidup mahasiswa sebagai kelompok digital native dalam pemilihan tempat belajar (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Firat, M. (2023). How chat GPT can transform autodidactic experiences and open education?.
Fransisca, L. (2019). Korelasi Tipe Kepribadian Big Five Dengan Pendekatan Belajar Mahasiswa Pada Kelompok Tutorial Pbl Di Fakultas Kedokteran Universitas Hkbp Nommensen Medan.
Gleneagles, D. B., Larasyifa, F., & Fawaiz, R. (2024). Peran Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dalam Meningkatkan Efisiensi Proses Belajar dan Pembelajaran. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 107-116.
Hamidah, S., & Rizal, M. S. (2022). Edukasi kesehatan reproduksi dan perkembangan remaja di panti asuhan yatim muhammadiyah kecamatan gresik kabupaten gresik jawa timur. Journal of Community Engagement in Health, 5(2), 237-248.
Hamzah, A., & Siregar, R. Y. (2023). Penerapan Etika Berkomunikasi Oleh Dosen Digital Immigrant Kepada Mahasiswa Digital Native Sebagai Strategi Komunikasi Dalam Pembelajaran Online. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1523-1526.
Hanjowo, M. D. F. F., Athahirah, N., Saputra, R. F., Al-Farisi, S., & Rozaq, R. W. A. (2023). Peran Pendidikan Indonesia di Era Society 5.0. Etnik: Jurnal Ekonomi dan Teknik, 2(5), 423-428.
Hayati, I., Harzetti, D., Fajarwati, W. S., Santika, A. A., Safitri, A. R., Rubiawati, I., ... & Maratawaty, N. A. (2024). Pengaruh Adanya Chat GPT terhadap Waktu Penyelesaian Laporan Praktikum Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Semarang. Jurnal Majemuk, 3(2), 288-303.
Hidayatullah, H., Purwantoro, P., & Umaidah, Y. (2023). Penerapan Naïve Bayes Dengan Optimasi Information Gain Dan Smote Untuk Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi Chatgpt. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(3), 1546-1553.
Husnaini, M., & Madhani, L. M. (2024). Perspektif Mahasiswa terhadap ChatGPT dalam Menyelesaikan Tugas Kuliah. Journal of Education Research, 5(3), 2655-2664.
Ichsan, A. S., Ibad, T. N., & Oktori, A. R. (2023). Refleksi Kritis Pancasila dalam Idealitas dan Realitas Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 6(2), 143-157.
Jannah, M., Kamsani, S. R., & Ariffin, N. M. (2021). Perkembangan usia dewasa: tugas dan hambatan pada korban konflik pasca damai. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 114-143.
Kurniawati, R., & Febriana, H. (2023). Bagian Ii Penerapan Konsep Aliran Filsafat Pendidikan John Dewey Dalam Pendidikan Di Indonesia. Wawasan Pendidikan Global,
Lund, B. D., & Wang, T. (2023). Chatting about ChatGPT: how may AI and GPT impact academia and libraries?. Library hi tech news, 40(3), 26-29.
Mairisiska, T., & Qadariah, N. (2023). Persepsi mahasiswa ftik iain kerinci terhadap penggunaan chatgpt untuk mendukung pembelajaran di era digital. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 13(2), 107-124
Maulana, A., Azzahra, S., Kusuma, A. D., & Fadhila, A. I. (2024). Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Pengerjaan Tugas Kuliah Terhadap Berpikir Kritis Mahasiswa PAI UNJ. Synergy: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(04), 283-292.
Millati, I. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam perspektif merdeka belajar di era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1-9.
Munawar, Z., Soerjono, H., Putri, N. I., & Dwijayanti, A. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan ChatGPT Untuk Membantu Penulisan Ilmiah. Tematik, 10(1), 54-60.
Muñoz, S. A. S., Gayoso, G. G., Huambo, A. C., Tapia, R. D. C., Incaluque, J. L., Aguila, O. E. P., ... & Arias-Gonzáles, J. L. (2023). Examining the impacts of ChatGPT on student motivation and engagement. Social Space, 23(1), 1-27.
Nisak, A. C. (2020). Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di MTs N 2 Pati Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Nufus, H. (2024). Pengaruh Penggunaan ChatGPT Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa STMIK Antar Bangsa. Jurnal Teknik Informatika, 10(1), 28-31.
Nuralifia, D. F., Husaifah, F. L., & Yasin, M. (2023). Strategi Pendekatan Historis Dan Pragmatis. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 5(2), 400-412.
Padmasari, D. F. (2020). Implementasi teknologi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan inklusif pada era pandemi covid 19 di kabupaten Magetan. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Penanganan Autism Spectrum Disorder (ASD) pada Anak Usia Dini (pp. 60-69).
Pakpahan, R. (2021). Analisa Pengaruh Implementasi Artificial Intelligence Dalam Kehidupan Manusia. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), 5(2), 506-513.
Permana, N. S. (2022). Game Based Learning Sebagai Salah Satu Solusi dan Inovasi Pembelajaran Bagi Generasi Digital Native. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 22(2), 313-321.
Pratama, A. S. (2023). Pengaruh ChatGPT Terhadap Berpikir Kritis Mahasiswa Informatika Kelas D Angkatan 2023 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Arwindo Sendy Pratama, Gracia Putri Aura, Matius Abimanyu DA, Yoseph Delimda.
Pratama, D. A. N. (2019). Tantangan karakter di era revolusi industri 4.0 dalam membentuk kepribadian muslim. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 198-226.
Purnama, R. (2021). Model perilaku pencarian informasi (analisis teori perilaku pencarian informasi menurut David Ellis). Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 9-21.
Putri, V. A., Sotyawardani, K. C. A., & Rafael, R. A. (2023, October). Peran artificial intelligence dalam proses pembelajaran mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 2, pp. 615-630).
Rahayu, A. P. (2024). Evaluasi penerimaan pengguna dan kesuksesan aplikasi chatgpt berbasis kecerdasan buatan terhadap mahasiswa Indonesia (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif HIdayatullah Jakarta).
Rahman, S., Sembiring, A., Aulia, R., Dafitri, H., & Liza, R. (2023). Pengenalan ChatGPT untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa-Siswi di SMK Negeri 1 Pantai Labu. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(01), 1-7.
Risnina, N. N., Permatasari, S. T. I., Nurulhusna, A. Z., Anjelita, F. M., Wulaningtyas, C., & Rakhmawati, N. A. (2023). Pengaruh ChatGPT Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 119-132.
Safitri, L. (2024, July). Kecerdasan Buatan dalam Konteks Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP) (Vol. 2, No. 1, pp. 167-174).
Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2020). Peran teknologi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104-112.
Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development (13th Ed.). Mcgraw-Hill Humanities/Social Sciences/Languages
Saraswati, A. R., Karmina, V. A., Efendi, M. P., Candrakanti, Z., & Rakhmawati, N. A. (2023). Analisis Pengaruh ChatGPT Terhadap Tingkat Kemalasan Berpikir Mahasiswa ITS Dalam Proses Pengerjaan Tugas. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(4), 40-48.
Sasikirana, V. (2020). Urgensi Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Society 5.0. E-Tech, 8(2), 393456.
Serdianus, S., & Saputra, T. (2023). Peran artificial intelligence ChatGPT dalam perencanaan pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Masokan Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(1), 1-18.
Setiawan, D., Karuniawati, E. A. D., & Janty, S. I. (2023). Peran Chat Gpt (Generative Pre-Training Transformer) Dalam Implementasi Ditinjau Dari Dataset. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 9527-9539.
Siburian, H. H. (2020). Pentingnya Belajar Dalam Perjanjian Lama.
Simanjuntak, R., Jatmiko, B., Pa, A. R., Siswoyo, H., & Langke, A. Y. (2021). Akomodasi Filsafat Pragmatisme Dalam Pendidikan Agama Kristen Untuk Menjawab Tantangan Pembelajaran Di Era Digital. Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(2), 165-181.
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 158-166.
Surameery, N. M. S., & Shakor, M. Y. (2023). Use chat gpt to solve programming bugs. International Journal of Information Technology and Computer Engineering, (31), 17-22.
Suryana, H. (2016). Model Pembelajaran Efektif
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). Aksiologi kemampuan berpikir kritis (kajian tentang manfaat dari kemampuan berpikir kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320-325.
Topan, M. (2021). Pragmatisme Dalam Pendidikan Di Indonesia: Kritik Dan Relevansinya. Al-Idrak: Jurnal Pendidikan Islam dan Budaya, 1(1), 16-26.
Yasmar, R., & Amalia, D. R. (2024). ANALISIS SWOT PENGGUNAAN CHAT GPT DALAM DUNIA PENDIDIKAN ISLAM. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 15(1), 43-64.
Yumna, Y. S. H., Bukhori, M. W., Giyaatsusshidqi, M., & Agustina, N. (2024). Implementasi Penggunaan AI Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Teknologi Pendidikan Angkatan 2023. Jurnal Pendidikan Transformatif, 3(2), 50-55.
Yunarzat, E., Sida, S. C., & Kasman, K. (2024). Pengaruh Penggunaan ChatGPT terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(2), 1607-1626.
Zahar, M. (2024). Perilaku Pencarian Informasi Menggunakan Perplexity AI Oleh Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora).
Zhai, X. (2022). ChatGPT user experience: Implications for education. Available at SSRN 4312418.
Refbacks
- There are currently no refbacks.