STRATEGI PEMBELAJARAN PADA WORKSHOP CREATIVE DI VERTTERRE YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan strategi pembelajaran dalam workshop kreatif Dried Flower Scented Candle di Vert Terre Yogyakarta. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan di Vert Terre, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Subjek penelitian meliputi pengelola, fasilitator, dan tiga peserta workshop. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan teknik kondensasi data, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa workshop ini menerapkan strategi pembelajaran langsung dengan metode demonstrasi dan praktik. Proses penyusunan workshop melibatkan analisis kebutuhan, desain fleksibel, pengembangan berbasis pengalaman, implementasi bimbingan penuh, dan evaluasi reflektif. Evaluasi dilakukan secara informal melalui umpan balik peserta dan fasilitator. Meskipun tanpa dokumentasi formal, pendekatan ini menciptakan lingkungan belajar yang efektif, didukung oleh pembatasan jumlah peserta dan lokasi yang nyaman.
Full Text:
PDFReferences
Adiharjo, K. S. (2020). Pengaruh sikap terhadap produk ramah lingkungan dan citra toko pada niat berkunjung bulk store “vert terre” [Skripsi]. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Dr. Akrim. (2022). Buku ajar strategi pembelajaran. Umsu press.
Dr. Siti Nurhasanah, M. P., Dr. (Cdt) Agus Jayadi, M. P., Dr. Rika Sa’diyah, M. P., & Syafrimen, M. E. Ph. D. (2019). Strategi Pembelajaran (Aisena Rainy Sophe, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Edu Pustaka.
Dzikri, F. F. (2023). Pengaruh pelatihan terhadap peningkatan kreativitas melalui peningkatan kompetensi tenaga pendidik dengan berbasis teknologi stem (studi kasus peserta pelatihan tahun 2021-2022 kabupaten Ciamis). Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 11–24.
Fatimah, S. H. (2023). Penerapan workshop 3d modelling untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menggambar bangunan secara digital [Skripsi]. Universitas pendidikan indonesia.
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi penelitian kualitatif (Y. Novita, Ed.; 1st ed.). PT. Global eksekutif teknologi. www.globaleksekutifteknologi.co.id
Gunawan, I. (2016). Metode penelitian kualitatif: teori dan praktik. PT. Bumi aksara.
Kerzner, E., Goodwin, S., Dykes, J., Jones, S., & Meyer, M. (2019). A framework for creative visualization-opportunities workshops. IEEE Transactions on Visualization and Computer Graphics, 25(1), 748–758. https://doi.org/10.1109/TVCG.2018.2865241
Moloeng, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nasution, W. N. (2017). Strategi pembelajaran (A. Daulay, Ed.; 1st ed.). Perdana Publishing.
Oemar, H. (2005). Pengembangan sdm: manajemen pelatihan ketenagakerjaan pendekatan terpadu. Bumi aksara.
Pangabean, S., Widyastuti, A., Damayanti, W. K., Nurtanto, M., Subakti, H., Kholifah, N., Chamidah, D., Sianipar, L. K., Ardiana, D. P. Y., Purba, F. J., & Cecep, H. (2021). Konsep dan strategi pembelajaran (1st ed.). Yayasan kita menulis.
Panggabean, S., Widyastuti, A., Damayanti, W. K., Nurtanto, M., Subakti, H., Kholifah, N., Chamidah, Di., Sianipar, L. K., Ardiana, D. P. Y., Purba, F. J., & Cecep. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Pribadi, R. B. A. (2016). Desain sistem pembelajaran (3rd ed.). Dian rakyat. www.dianrakyat.co.id
Rasyad, A., Budi Wiyono, B., & Arina, R. (2020). An analysis of workshop program implementation and competency improvement for adult education facilitators in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(10), 609–623. www.ijicc.net
Rosner, D. K., Kawas, S., Li, W., Tilly, N., & Sung, Y. C. (2016). Out of time, out of place: reflections on design workshops as a research method. Proceedings of the ACM Conference on Computer Supported Cooperative Work, CSCW, 27, 1131–1141. https://doi.org/10.1145/2818048.2820021
Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses . Kencana.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan r&d). Alfabeta.
Wan, M. (2019). Incidental trainer a reference guide for training design, development, and delivery (4th ed.). CRC press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.