ROPUCA: INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK OPTIMALISASI LITERASI DINI SISWA KELAS AWAL

Aziema Zahra Nuraifa, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini mengembangkan dan menguji kelayakan serta kepraktisanRoda Putar Baca (RoPuCa), media pembelajaran interaktif untuk optimalisasiliterasi dini siswa kelas awal. Latar belakang menunjukkan kesulitan membacapermulaan siswa kelas 1 akibat metode konvensional dan keterbatasan media.Menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop,Disseminate), RoPuCa dirancang dari kayu pinus, dilengkapi label vokalmagnetik, kartu main alfabet, objek magnet, dan buku panduan, dengan desainvisual menarik dan multisensori. Data dikumpulkan melalui observasi,wawancara, dan angket respons dari ahli materi, ahli media, guru, dan siswa,dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil validasi menunjukkan RoPuCa"Sangat Layak" oleh ahli materi (89%) dan ahli media (98%). Penilaiankepraktisan dari guru mencapai 89% ("Sangat Layak"), dan respons siswa 96%("Sangat Layak"). Temuan ini mengindikasikan RoPuCa sebagai media inovatif,praktis, dan sangat layak untuk melatih serta mengoptimalkan kemampuanmembaca siswa kelas awal melalui pengalaman belajar interaktif danmenyenangkan.

Full Text:

PDF

References


Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. In Didaktika: Jurnal Kependidikan (Vol. 13, Issue 1). https://jurnaldidaktika.org

Anaperta, M., Maideshinta, T. K., & Viola, Z. N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Menggunakan Canva Pada Materi Internet Gateway ( NAT ) Kelas XI TKJ Smkn 3 Padang. JGIT : Jurnal Greenation Ilmu Teknik, 2(1), 71–80.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

Irwansyah, R., Darmayani, S., Mastikawati, M., Saputro, A. N. C., Wihartanti, L. V., Fauzi, A., Arifudin, O., Purandina, I. P. Y., Latifah, E. D., & Septiyani, T. (2021). Perkembangan Peserta Didik. CV Widina Bhakti Persada Bandung.

Kartika, W. I., & Putri, A. A. P. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4097–4106. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4372

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada Media.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa Journal of Gender Studies, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Nurbayani, S., & Suhardini, A. D. (2023). Pengaruh Media Roda Baca Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Usia 4-5 Tahun. Jurnal Riset Pendidikan Guru PAUD, 3(2), 97–102. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v3i2.3078

Pagarra, H., Syawaluddin, A., & Krismanto, W. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit UNM, Makassar.

Rahim, F. (2018). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar (kedua). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rochaendi, E., Fuadi, A., & Sholihah, D. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran. ITERA Press.http://reposister.almaata.ac.id/4783/ 1/978-634-7013-38-5.Pengembangan Media Pembelajaran.pdf

Salsabilah, A. S., Muzamil, I. N., Juardi, I. F., Afifah, N. P. N., Herdiansyah, R. F. P., & Prihantini, P. (2024). Penggunaan Media Roda Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(2), 11943–11950.

Simbolon, R. (2019). Penggunaan Roda Pintar Untuk Kemampuan Membaca Anak. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 66–71. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1 448

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A soucebook. In Indiana University. Leadership Training Institute/Special Education.

Zamsiswaya, Sawaluddin, & Sihombing, B. (2024). Model Pengembangan 4D (Define , Design , Develop , dan Disseminate) dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Journal of Islamic Education El Madani, 4(1), 11–19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter