PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS 5 SDN KAJAR
Haryanto Haryanto, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran berbasis canva sebagai upaya menyediakan media pembelajaran bagi siswa kelas 5 SDN Kajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan media pembelajaran pada pembelajaran yang berlangsung di SDN Kajar terutama kelas 5. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 5 SDN Kajar yang berjumlah 21 anak. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah video pembelajaran berbasis canva yang layak dan praktis. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dimana masing-masing dilakukan dengan 2 tahap. Pada tahap kedua masing-masing mendapat kategori “Sangat Layak”. Kemudian ujicoba dilakukan tiga kali disertai respon guru untuk mendapat hasil produk yang Praktis.
Full Text:
PDFReferences
Afianti, D. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Proses Pembelajaran. 9–16.
Anam S, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Teori Belajar Behavioristik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Malang, 2. https://cdn-gbelajar.simpkb.id/s3/p3k/Pedagogi/Artikel/Teori_Belajar_Behavioristik_Dan_Implikas.pdf
Andrasari, N. A. (2022). Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Bagi Guru Sd. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 36–44.
Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Batubara, H. H., Islam, U., & Walisongo, N. (2020). Model Penelitian dan Pengembangan Media Pembelajaran. November.
Citriadin, Y. (2019). Pengantar Pendidikan.
Fadlilah, U. N., & Purbasari, I. (2024). Implementasi Pembelajaran IPAS Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa Kelas V. 06(03), 16314–16321.
Harefa, E., Patalatu, J. S., Azizah, N., Yusufi, A., & Husnita, L. (2024). Buku Ajar Teori Belajar Dan Pembelajaran.
Hartati, T., & Panggabean, E. M. (2023). Karakteristik Teori-teori Pembelajaran. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(1), 5–10. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i1.13431
Hayati, F. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur. 5, 1809–1815.
Imanulhaq, R. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun. 3(2), 126–134.
Iskarina, M. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Materi Kedatangan Bangsa Barat Ke Indonesia Kelas Xi Ips Di Sman 1 Way Serdang.
Janah, F. N. M., Nuroso, H., & Isnuryantono, E. (n.d.). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.
Januszewski, A., & Molenda, M. (2008). Educational Technology.
Judijanto, L., Muhammadiah, M. U., Bosowa, U., Boari, Y., Ottow, U., Papua, G., & Laksono, R. D. (2024). Metodologi Research And Development ( Teori dan Penerapan Metodologi RnD ) (Issue June).
Juwantara, R. A., Pendidikan, P., Madrasah, G., Universitas, P., Negeri, I., & Kalijaga, S. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam. 9(1), 27–34.
Khairani, M., Sutisna, & Suyanto, S. (2019). Studi meta analisis pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. 1.
Kristanto, A. (2016). Media pembelajaran.
Marwoto, B. S. H., Andayani, S., Waryanto, N. H., & Yusri, T. A. S. (2024). Pelatihan pengembangan video pembelajaran dan kuis interaktif berbantuan software lumi Training. 8(1), 20–24.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning. 41.
Monoarfa, M., & Haling, A. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. 1085–1092.
Navarrete, E., Nehring, A., Schanze, S., Ewerth, R., & Hoppe, A. (2025). A closer look into recent Video-based Learning Research : A Comprehensive Review of Video Characteristics , Tools , Technologies , and Learning Effectiveness. https://doi.org/10.1007/s40593-025-00481-x
Pagarra H & Syawaludin, D. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.
Pratiwi, M. (2024). Media Pembelajaran (Issue February).
Purba, P., & Rahayu, A. (2023). Penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri Tahunan Yogyakarta. 1(2), 136–152.
Septiana, A. N., & Winangun, I. M. A. (2023). Analisis Kritis Materi Ips Dalam Pembelajaran Ipas Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. 1(1), 43–54.
Slamet, F. A. (2022). Model Penelitian Pengembangan ( R N D ).
Sugiyono, P. D. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari
Suryani, E. (2024). Pengembangan e-module terintegrasi belajar mandiri sebagai sumber belajar materi dasrul arqam dasar ikatan mahasiswa muhammadiyah bulaksumur-karangmalang.
Wahab, D. G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yantini, C., Fita, M., Untari, A., & Listyarini, I. (2021). Penerapan Metode Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kubus Siswa Kelas V SDN Ngemplak Simongan 01 Semarang. 2(1), 28–33.
Yuliana, D., Baijuri, A., Suparto, A. A., Seituni, S., & Syukria, S. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Video. 6, 247–257.
Refbacks
- There are currently no refbacks.