PELAKSANAAN PROYEK TEMA “KITA SEMUA BERSAUDARA” SEBAGAI UPAYA PENGUATAN NILAI AGAMA DAN BUDI PEKERTI DI TK SARI MEKAR

Santi Kumala Dewi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Deni Hardianto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tema “Kita Semua Bersaudara” sebagai upaya penanaman nilai agama dan budi pekerti pada anak usia dini di TK Sari Mekar. Proyek pembuatan ogoh-ogoh mini berbasis kearifan lokal Hindu sebagai media pembelajaran karakter melalui pengalaman simbolik dan sosial. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di TK Sari Mekar setelah dilaksanakan mandiri oleh guru. Subjek penelitian meliputi guru, peserta didik, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian diperoleh data: proses pelaksanaan menunjukkan proyek mampu memfasilitasi pemahaman anak terhadap nilai agama dan budi pekerti secara kontekstual. Pelaksanaan berpedoman pada rencana yang telah dibuat guru. Langkah pelaksanaannya meliputi pengenalan tema proyek, pelaksanaan, dan refleksi sebagai penyimpulan dan evaluasi kegiatan. Setelah pelaksanaan proyek berbasis budaya lokal, anak menunjukkan sikap saling menghargai, tanggung jawab, dan rasa kebersamaan dalam proses belajar. 


Full Text:

PDF

References


Anggreni, N. L. E. Y. (2023). Komunikasi ritual pawai ogoh-ogoh sebagai implementasi dalam tri hita karana. Widya Sandhi, 14(1), 1–10. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3491638

Ardana, I. G. N. S., & Sudita, I. K. (2022). The development of ogoh-ogoh making with kinetic art’s technology in denpasar city. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 12(3), 249–257. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/ 3157308.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2024). Keputusan kepala bskap nomor 031/h/kr/2024 tentang tema proyek penguatan profil pelajar pancasila di paud. Kemdikbudristek.

Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: Skills for the future. The Clearing House, 83(2), 39–43. Diakses daring pada laman https://doi.org/10.1080/00098650903505415.

Budiningsih, C. Asri. 2017. Karakteristik siswa sebagai pijakan pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Fatimah, F. (2024). Toleransi dalam bingkai seni dan budaya: Tradisi pawai ogoh-ogoh sebagai simbol kerukunan antar umat beragama di kota surabaya. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 8(1), 413–420. Diakses daring di https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/4617856.

Fitriasari, D., Sari, S. R., & Wulandari, A. (2023). Analisis implementasi kegiatan p5 sebagai upaya mengenalkan kearifan budaya lokal di sman 1 bululawang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE), 16(2), 40–50. Diakses daring pada laman https://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/download/40293/12099.

Ghaziya, N. (2023). Model pembelajaran project-based learning di paud. Diakses dari https://perpusteknik.com/model-pembelajaran-project-based-learning-paud/.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Penguatan pendidikan karakter pada satuan paud. Direktorat Pembinaan PAUD.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2024. Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 tentang kurikulum pada paud, pendidikan dasar, dan menengah. Diakses daring pada laman https://jdih.kemdikbud.go.id/detail/peraturan/3968.

Kementerian Agama Republik Indonesia. 2023. Umumkan 12 pemenang lomba inovasi moderasi beragama, kemenag: semoga jadi role model. Artikel blogger ada website resmi https://kemenag.go.id/nasional/umumkan-12-pemenang-lomba-inovasi-moderasi-beragama-kemenag-semoga-jadi-role-model-38WWG.

Kusumawati, D., & Setiawan, I. (2024). Potret komunikasi antarbudaya muslim dan hindu dengan adat ogoh-ogoh desa sukoreno. ICON: Islamic Communication and Contemporary Media Studies, 3(1), 57–68. Diakses daring pada laman https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/4144691.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Muamalah, M., Pratiwi, R. R. B., Nabila, R. M., & Putri, A. M. S. (2023). Tradisi ogoh-ogoh untuk mewujudkan kerukunan antar umat hindu dan islam. Journal of Education Research, 4(1), 276–282. Diakses daring pada laman https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3376446.

Nuraeni, L., & Yuniarti, Y. (2023). Implementasi nilai toleransi antar budaya dan agama pada anak usia dini di tk kartika ix-10. Jurnal Pendidikan PAUD Untirta, 7(1), 9–16. Diakses pada https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/ jpppaud/article/download/19720/10953.

Nurfaizah, N., & Rahman, M. T. (2021). Internalization of religious values in early childhood through interactive learning. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1379–1391. Diakses daring pada laman https://garuda.kemdikbud.go.id/ documents/detail/3622086.

Padmayanti, I. G. A. A. (2024). Pendidikan budi pekerti anak usia dini dalam perspektif hindu bali. Jurnal Pendidikan dan Budaya Hindu, 9(1), 1–8. Diakses pada https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/4218093.

Rahmawati, D., & Rohim, M. (2020). Integrasi budaya lokal dalam pembelajaran anak usia dini. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 123–134.

Rizal, Y. K., & Nur, L. (2024). Implementasi program p5 dalam menumbuhkan nilai-nilai kearifan lokal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 24(2), 227–237. https://doi.org/10.17509/jpp.v24i2.73375.

Rusmiati, E. T. (2023). Penanaman nilai-nilai toleransi pada anak usia dini. Jurnal Abdimoestopo, 6(2), 45–56.

Santrock, J. W. (2011). Child development (13th ed.). McGraw-Hill.

Sari, P. N., & Malik, L. R. (2024). Penerapan pembelajaran berbasis proyek p5 pada pendidikan anak usia dini. Primearly: Jurnal pendidikan anak usia dini, 7(2), 267–277. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/prymerly/article/download /3383/2457/.

Satria, M. R., Adiprima, P., Jeanindya, M., Anggraena, Y., Anitawati, A., Sekarwulan, K., & Harjatanaya, T. Y. (2024). Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar pancasila (edisi revisi). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Stufflebeam, D. L. (2003). The CIPP model for evaluation. In T. Kellaghan & D. L. Stufflebeam (Eds.). International handbook of educational evaluation (pp. 31–62). Kluwer Academic Publishers.

Sudiarthi, D. N. A., & Soper, I. W. (2021). Pemaknaan mitos bhuta kala dalam tradisi ogoh-ogoh sebagai media pendidikan: Suatu kajian pustaka. FPBS IKIP Saraswati. Diakses daring pada laman https://garuda.kemdikbud.go.id/ documents/detail/2811536.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. PT Indeks.

Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. The Autodesk Foundation. Retrieved from http://www.bobpearlman.org/Best Practices/PBL_ Research.pdf.

Warsiti. (2015). Pembelajaran berbasis budaya lokal dalam membentuk karakter toleransi pada anak kelompok b di tk negeri pembina kabupaten purbalingga (Skripsi). Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/28913/1/16014 11032.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter