PENGEMBANGAN ANIMASI MOTION GRAPHIC MATERI MENGENAL GARUDA PANCASILA UNTUK KELAS 3 SD NEGERI 1 KADIPIRO

Nurul Wulan Sari, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk animasi motion graphic yang layak bagi siswa kelas 3 Sekolah Dasar materi Mengenal Garuda Pancasila, dan (2) mengetahui efektivitas media animasi motion graphic bagi pembelajaran PKn mengenal Garuda Pancasila untuk siswa Sekolah Dasar kelas 3. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Hannafin dan Peck. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Produk animasi motion graphic materi mengenal Garuda Pancasila ini layak digunakan untuk pembelajaran dengan hasil uji kelayakan sebesar: 83,85 oleh ahli materi, 97,22 oleh ahli media, 86,25 oleh siswa saat penilaian ujicoba lapangan awal, dan 89,625 oleh siswa saat penilaian ujicoba lapangan utama. (2) Produk animasi motion graphic ini efektif digunakan dalam pembelajaran dengan kenaikan rerata skor pre-test dan post-test sebesar 14,75 atau 19,38% dari pengguna selama satu kali implementasi yang menunjukkan bahwa media ini memberikan pengaruh terhadap kenaikan hasil belajar siswa. Selain itu pada penilaian afektif mendapat rerata skor 3,45 dan penilaian psikomotik mendapat rerata skor 3,625 yang termasuk kategori baik
Kata kunci: Animasi Motion Graphic, Animasi Pembelajaran, Garuda Pancasila.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter