PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA MATERI HITUNG BILANGAN BULAT NEGATIF BAGI SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Resiska Alfandy Pradita, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran ular tangga yang layak bagi siswa kelas VI SD berdasarkan penilaian ahli materi media (2) menghasilkan media pembelajaran ular tangga materi hitung bilangan bulat negatif yang layak bagi siswa kelas VI SD berdasarkan penilaian guru dan siswa kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah ahli materi, ahli media, guru dan 10 siswa kelas VI SD. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara dan angket penilaian. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran papan permainan ular tangga materi hitung bilangan bulat negatif yang sudah teruji layak untuk digunakan. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor 4,53 (layak), ahli media dengan perolehan skor 4,00 (layak), penilaian guru kelas dengan perolehan skor 4,87 (layak), dan uji coba terbatas oleh siswa dengan persentase sebesar 94% (sangat layak).
Kata kunci: pengembangan media, ular tangga, bilangan bulat negatif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter