PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAISUMBER BELAJAR DI SD NEGERI CATURTUNGGAL 7

Melisa Mawar Wati, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar di SD Negeri Caturtunggal 7. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel yang digunakan berjumlah 24 orang dengan rincian 6 guru kelas dan 18 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan yaitu purpose sampling. Validitas yang digunakan adalah validitas isi. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan dikategorikan menjadi empat kategori yaitu: tidak pernah, pernah, jarang, dan sering. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar di SD Negeri Caturtunggal 7 berada pada kategori “jarang”. Rincian 83,3% guru berada pada kategori jarang, 16,67% sering, 0% pernah dan 0% kategori tidak pernah. Sedangkan untuk peserta didik 72,22% masuk pada kategori jarang, 27.78% seri, 0% pernah dan 0% tidak pernah. Dari data guru dan peserta didik dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar masuk kategori jarang.
Kata Kunci: Pemanfaatan lingkungan, sumber belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter