PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SUDAGARAN BANYUMAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan multimedia pembelajaran interaktif matematika yang layak digunakan pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang untuk siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D) model Hannafin & Peck. Subjek uji coba dalam penelitan pengembangan ini adalah sepuluh orang siswa kelas V Sekolah Dasar. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan perhitungan skor pada angket, hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif matematika layak digunakan pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang untuk siswa kelas V sekolah dasar . Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi ahli media yang termasuk dalam kategori sangat baik (3,3), hasil validasi dari ahli materi yang termasuk dalam kategori sangat baik (3,55), dan hasil uji coba perorangan yang termasuk dalam kategori sangat baik (3,3).
Kata kunci: pengembangan multimedia, multimedia pembelajaran interaktif matematika
Kata kunci: pengembangan multimedia, multimedia pembelajaran interaktif matematika
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.