IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA MASA PANDEMI DI KB AISYIYAH 016 PACIRAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan implementasi pembelajaran tatap muka pada masa pandemi di KB Aisyiyah 016 Paciran tahun pelajaran 2020/2021 dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, (2) mendeskripsikan faktor mendukung dan menghambat implementasi pembelajaran tatap muka pada masa pandemi di KB Aisyiyah 016 Paciran tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelas. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis secara interaktif dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tatap muka pada masa pandemi dapat dilaksanakan dengan menyesuaikan kondisi pandemi. Perencanaan pembelajaran disusun lebih adaptif dan fleksibel. Sekolah harus mempersiapkan dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan waktu terbatas, meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Evaluasi dilakukan dengan memperhatikan aspek perkembangan anak dengan alat penilaian berupa catatan harian, catatan anekdot, catatan hasil karya, dan skala capaian perkembangan dalam 4 skala yaitu mulai berkembang (MB), baru berkembang (BB), berkembang sesuai harapan (BSH), berkembang sangat baik (BSB). Faktor pendukung pembelajaran tatap muka berupa antusiasme belajar anak yang tinggi untuk bertemu guru dan teman-teman dan ketersediaan alat dan bahan main di sekolah, sedangkan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran tatap muka adalah kurangnya disiplin waktu dan masih adanya anak yang kurang disiplin menggunakan masker.
Kata kunci: implementasi, pembelajaran tatap muka, pandemi
Kata kunci: implementasi, pembelajaran tatap muka, pandemi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.