PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 11 SMAN 4 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas 11 SMAN 4 Yogyakarta melalui penerapan metode pembelajaran kelompok kecil. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode penelitian tindakan kelas dipilih karena dapat memperbaiki dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 11 IPS 3 SMAN 4 Yogyakarta yang berjumlah 33 siswa. Penelitian difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan rendahnya prestasi belajar pada mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan pra tes Penelitian menggunakan desain penelitian tindaakan kelas dengan empat aspek pokok yang terdapat dalam penelitian tindakan yakni: (1) Perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Keempat komponen tersebut membentuk suatu siklus, dalam proses pelaksanaan dilaksanakan dengan 2 siklus. Pra tes untuk mengetahui prestasi belajar awal sebelum dilakukan tindakan, untuk siklus I dan siklus II digunakan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar sesudah dilakukannya tindakan pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 11 SMA Negeri 4. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran kelompok kecil. Peningkatan tersebut terbukti dengan adanya peningkatan prestasi belajar yang sebelum dilakukan tindakan menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas pada pelajaran matematika sebesar 59,0 dan setelah implementasi tindakan kelas peningkatan prestasi belajar siswa pada akhir pelaksanaan tindakan yakni siklus II menjadi nilai rata-rata sebesar 78,1 dan lebih dari 70% siswa dari jumlah siswa mendapatkan nilai diatas 75.
Kata kunci: Penerapan pembelajaran kelompok, prestasi belajar Matematika.
Kata kunci: Penerapan pembelajaran kelompok, prestasi belajar Matematika.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.