PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS TIK DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI JURUSAN KGSP

Yuni Khotimatul Aulia, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan jenis sumber belajar. (2) mendeskripsikan pemanfaatan sumber belajar. (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan kendala pemanfaatan sumber belajar berbasis TIK dalam kegiatan pembelajaran jurusan KGSP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian, yaitu ketua jurusan, 8 guru kelas 10, 11, 12, siswa KGSP. Metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik keabsahan data yaitu teknik triangulasi. Data dianalisis melalui reduksi, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) jenis sumber belajar berbasis TIK yang dimanfaatkan bervariatif, yaitu video, powerpoint, e-book, e-modul, internet, e-library, e-journal dan komputer. (2) proses pemanfaatan meliputi tahap Analisis, perumusan tujuan, Select or Modify media, utilize & require learner response, dan Evaluasi. (3) faktor pendukung internal yaitu motivasi, kreativitas, tanggungjawab guru, kesadaran teknologi. Pendukung eksternal, yaitu Wifi, kuota internet, webinar, laptop dan smartphone, lab komputer. Kendala internal yaitu faktor usia guru, sikap malas, pola belajar, tanggung jawab siswa. Kendala eksternal yaitu luasnya materi di internet, terkendala sinyal, terbatasnya fasilitas pribadi siswa. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala yaitu membatasi konsep materi, membuka sesi konsultasi, workshop, subsidi kuota, fasilitas sekolah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter