PENGEMBANGAN PERANGKAT PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ARTICULATE STORYLINE UNTUK GURU SD MUHAMMADIYAH MERTOSANAN, BANGUNTAPAN, BANTUL

Vicy Azizah Malihah, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pelatihan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi articulate storyline yang layak untuk guru SD Muhammadiyah Mertosanan serta mengukur tingkat efektivitasnya. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, design, development, implementation, evaluation. Kualitas penilaian yang dihasilkan pada penilaian model pelatihan termasuk dalam kriteria sangat layak dengan persentase keidealan 80%, penilaian buku panduan pelaksanaan pelatihan dan silabus menunjukkan kriteria sangat layak dengan persentase keidealan 95,8%, sedangkan pada modul memperoleh persentase keidealan 80% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian, secara keseluruhan pengembangan perangkat pelatihan pengembangan media pembelajaran interaktif dengan articulate storyline dinyatakan layak untuk digunakan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa perangkat pelatihan ini efektif untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi articulate storyline.
Kata Kunci: Perangkat pelatihan, Media Pembelajaran Interaktif, Articulate storyline, Penelitian Pengembangan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter