PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PAMENANG BARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru terhadap peningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran di sekolah dasar pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah keseluruhan guru kelas di 6 SD di Kecamatan Pamenang barat. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Teknik observasi, Teknik penyebaran angket. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah Teknik purposive sampling.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kemampuan pelaksanaan pembelajaran berpengaruh sig terhadap peningkatan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran di sekolah dasar dengan nilai ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐>๐ก๐ก๐๐๐๐ (0,808>0,360) atau sig<0,05 (0,000<0,05).; 2) kemampuan pelaksanaan pembelajaran berpengaruh sig. terhadap peningkatan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran di sekolah dasar dengan nilai
๐กโ๐๐ก๐ข๐๐>๐ก๐ก๐๐๐๐ (0,365>0,360) atau sig.<0,05 (0,000<0,05); 3) kemampuan evaluasi pembelajaran berpengaruh sig. terhadap peningkatan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran di sekolah dasar dengan thitung nilai ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐>๐ก๐ก๐๐๐๐ (0,664> 0,360) sig <0,05(0,000<0,05; 4) kemampuan perencanaan pembelajaran, kemampuan pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran secara silmutan berpengaruh dan dapat menjadi predictor yang baik terhadap peningkatan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran di sekolah dasar dengan nilai (fhitung > ftabel (3,949 > 3,41) atau dengan sig. 0,000 < 0,05.
Kata kunci: Kinerja Guru, Profesionalisme, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran.
๐กโ๐๐ก๐ข๐๐>๐ก๐ก๐๐๐๐ (0,365>0,360) atau sig.<0,05 (0,000<0,05); 3) kemampuan evaluasi pembelajaran berpengaruh sig. terhadap peningkatan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran di sekolah dasar dengan thitung nilai ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐>๐ก๐ก๐๐๐๐ (0,664> 0,360) sig <0,05(0,000<0,05; 4) kemampuan perencanaan pembelajaran, kemampuan pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran secara silmutan berpengaruh dan dapat menjadi predictor yang baik terhadap peningkatan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran di sekolah dasar dengan nilai (fhitung > ftabel (3,949 > 3,41) atau dengan sig. 0,000 < 0,05.
Kata kunci: Kinerja Guru, Profesionalisme, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.