PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP KESIAPAN SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KECAMATAN WIROBRAJAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru sekolah dasar terhadap kesiapan sekolah dalam pembelajaran daring di Kecamatan Wirobrajan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 65 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pendidik sekolah dasar kesiapan sekolah dalam pembelajaran daring memperoleh skor ELR= 4,41. Satu dari enam faktor menunjukkan kategori siap dan membutuhkan sedikit peningkatakan. Satu faktor tersebut adalah faktor kesiapan peserta didik dengan memperoleh skor ELR=3,81. Adapun lima faktor yang telah siap dan pembelajaran daring dapat dilanjutkan yakni faktor kesiapan pendidik dengan skor ELR= 4,23, faktor infrastruktur dengan skor ELR= 4,45, faktor dukungan manajemen sekolah dengan skor ELR= 4,53, faktor budaya sekolah dengan skor ELR= 4,72, dan faktor kecenderungan tatap muka dengan skor ELR= 4,74.
Kata Kunci: Persepsi guru sekolah dasar, kesiapan sekolah, pembelajaran daring, E-Learning Readiness (ELR).
Kata Kunci: Persepsi guru sekolah dasar, kesiapan sekolah, pembelajaran daring, E-Learning Readiness (ELR).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.