IMPLEMENTATION OF GOOGLE CLASSROOM FOR STUDENTS IN CLASS 5A SD 2 PADOKAN BANTUL

Agintara Monsya Sutaryanto Putro, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi Google Classroom pada peserta didik kelas 5A SD 2 Padokan Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis pendekatan penelitian ini bersifat deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahandata pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini berdasarkan: 1) aspek perencanaan: pelaksanaan sudah sesuai dengan RPP yang dibuat. 2) aspek pelaksanaan: pendidik dan peserta didik mampu beradaptasi dengan penggunaan metode pembelajaran yang baru. 3) aspek penilaian: peserta didik dengan hasil terbanyak menyatakan tidak lebih merasa menyenangkan jika pembelajaran secara daring dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka. Penilaian dilakukan pendidik dengan metode penilaian lembar kerja, portofolio, tugas tertulis. 4) Kendala dalam pembelajaran adalah keterbatasan fasilitas sebagai penunjang pembelajaran secara daring.
Kata kunci: Aplikasi Google Classroom, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter