PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PELAKSANAAN E-LEARNING DI SMA NEGERI 1 GODEAN

Wandira Wandira, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi guru dan siswa terhadap sumber belajar dalam pelaksanaan e-learning di SMA Negeri 1 Godean, mendeskripsikan pemanfaatan sumber belajar dalam pelaksanaan e- learning di SMA Negeri 1 Godean, dan mendiskripsikan gambaran faktor pendukung dan penghambat pada pemanfaatan sumber belajar dalam pelaksanaan e-learning di SMA Negeri 1 Godean. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penentuan subjek purposive sampling menentukan guru pengampu tiga jenjang kelas dan tujuh siswa yang dari tiga jenjang kelas. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)persepsi guru dan siswa terhadap sumber belajar dalam pelaksanaan e-learning di SMA Negeri 1 Godean merupakan sumber belajar yang berbasis IT yang dapat membantu dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh dan mendukung proses terjadinya belajar mengajar secara efektif. (2)Pemanfaatan sumber belajar dalam pelaksanaan e-learning di SMA Negeri 1 Godean, dibedakan dalam tiga tahap yaitu perencanaan, pemanfaatan, dan evaluasi. Penjelasan dari guru dan diskusi melalui video conference dan video pembelajaran menjadi sumber belajar yang diminati siswa. Terdapat guru yang jarang menggunakan fitur diskusi, dan belum semua guru memberikan feedback komentar dalam penugasan. (3)Faktor penghambat dan pendukung dari pemanfaatan sumber belajar dalam pelaksanaan e-learning (a) Kondisi sinyal dan kuota internet(b) sumber belajar membutuhkan waktu dalam penyusunan(c) Motivasi dan kemandirian belajar siswa (d) Deadline penugasan yang terlalu cepat(e) Fasilitas memaadai(f) Dukungan orang tua(g) Lingkungan kondusif(h) Guru yang kreatif.
Kata kunci: Pemanfaatan E-learning, Sumber Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter