PENGEMBANGAN E-MODUL MATA KULIAH BELAJAR MANDIRI UNTUK MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Ika Fitri Arianti, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Belajar Mandiri untuk mahasiswa Teknologi Pendidikan. (2) Menentukan kelayakan produk E-Modul Mata Kuliah Belajar Mandiri untuk mahasiswa Teknologi Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Four-D) dari Thiagarajan. Instrumen yang digunakan adalah angket skala likert 1-4 dalam validasi uji konseptual maupun empiris. Penelitian menghasilkan produk berupa E-Modul Mata Kuliah Belajar Mandiri. Produk telah dikembangkan melalui tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Hasil dari uji kelayakan ahli media diperoleh rerata total 3,36 (sangat tinggi). Hasil dari uji kelayakan ahli materi diperoleh rerata total 3,51 (sangat tinggi). Hasil dari empiris kelompok kecil diperoleh rerata 3,25 (sangat tinggi). Hasil revisi produk digunakan untuk uji empiris besar yang diperoleh rerata total 3,31 (sangat tinggi). Dari uji konseptual dan uji empiris dapat diketahui bahwa E-Modul mata kuliah belajar mandiri memiliki kelayakan sangat tinggi untuk digunakan pembelajaran.
Kata kunci: Pengembangan, E-Modul, Belajar Mandiri, Four-D

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter