PEMAHAMAN PENDIDIK TERHADAP KAIDAH PEMBELAJARAN yang MEMERDEKAKAN DI SDN 1 KOTARAYA PROVINSI SULAWESI TENGAH

Wenry Kristian Mandey, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang pemahaman pendidik terhadap kaidah pembelajaran yang memerdekakan. Kaidah Pembelajaran yang Memerdekakan terdiri dari kajian teori yang mendukung dan dapat dijadikan patokan dalam penerapannya diproses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan pemahaman pendidik terhadap kaidah pembelajaran yang memerdekakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan populasi berjumlah 16 orang (15 orang guru dan 1 orang kepala sekolah) di Sekolah Dasar Negeri 1 Kotaraya, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman sebanyak 50 butir. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang dituangkan dalam data statistik dan dikategorikan menjadi lima kategori yaitu: sangat tinggi, tinngi, sedang, rendah dan sangat rendah. Adapun hasil penelitian menunjukan tingkat pemahaman pendidik terhadap kaidah pembelajaran yang memerdekakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Kotaraya, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah berada pada kategori “tinggi” dengan rata-rata 64,125.
Kata kunci: tingkat pemahaman, kaidah pembelajaran yang memerdekakan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter