PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL “WhatsApp” SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA KELAS XII JURUSAN ARSITEKTUR DI SMK MUHAMMADIYAH PAKEM

Suhartini Suhartini, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pemanfaatan media sosial Whatsapp sebagai sumber belajar pada kelas XII Jurusan Arsitektur di SMK Muhammadiyah Pakem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data penelitian kualitatif bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran diawali oleh wali kelas dengan dengan mengirimkan pesan melalui grup WhatsApp mengenai mata pelajaran yang akan dilaksanakan. Pemanfaatan WhatsApp sebagai sumber belajar sudah dimanfaatkan yaitu guru menyampaikan materi dengan mengirimkan file modul, gambar, maupun video untuk menunjang kegiatan belajar secara daring. WhatsApp menjadi tidak efektif jika digunakan sebagai sumber belajar utama. Keunggulan dari aplikasi dalam mendukung proses pembelajaran daring adalah dapat berkomunikasi secara langsung dan aksesnya cepat. Kelemahan pemanfaatan media sosial WhatsApp sebagai sumber belajar adalah pesan yang tersampaikan atau pesan yang masuk tidak terbatas sehingga tidak efektif jika digunakan sebagai sumber belajar yang utama.
Kata kunci: pemanfaatan, WhatsApp, sumber belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter