PENERAPAN GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Retta Setiawan, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) yang diterapkan oleh SMA Negeri 1 Sleman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek 5 orang guru yang berperan langsung terhadap penerapan program GSM. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar panduan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : program gerakan sekolah menyenangkan merupakan sebuah program yang bertujuan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, dengan cara menciptakan lingkungan belajar yang positif baik secara fisik dan non fisik. SMA Negeri 1 Sleman menerapkan program tersebut kedalam setiap pembelajaran yang dilakukan. Beberapa faktor yang mempengaruhi berjalannya program GSM di SMA Negeri 1 Sleman diantaranya pemahaman seluruh warga sekolah mengenai GSM, modal awal berupa pengetahuan kognitif siswa, kekompakan warga sekolah, serta peranan dari pihak orang tua siswa dan komite, serta faktor pendanaan.
Kata Kunci : Gerakan Sekolah Menyenangkan, Pembelajaran Menyenangkan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter