EVALUASI PROGRAM PELATIHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KBTT MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI PPPPTK MATEMATIKA YOGYAKARTA

Ibrahim Nur M. Zulfa, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelatihan pembelajaran KBTT dengan menggunakan model CIPP di PPPPTK Matematika Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan Model Alir (Miles & Huberman) dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan adalah sumber danmetode.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara khusus pada evaluasi input (masukan) ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki pada bagian sarana dan prasarana, yaitu ruangan kelas yang digunakan pelatihan kurang besar dan pendingin ruangan sangan minim sehingga kenyamanan peserta dalam proses pembelajaran terganggu dan penyelenggara pelatihan kurang mempersiapkan ada nya permasalahan teknis seperti mati lampu. Pada evaluasi process (proses) ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki pada bagian kinerja instruktur pelatihan, yaitu metode mengajar yang digunakan oleh salah satu instruktur cenderung membosankan. Dan pada bagian aktifitas peserta pelatihan ada beberapa hal yang perlu diperbaiki yaitu ditemukannya peserta pelatihan pada saat istirahat mereka tidak kembali mengikuti pembelajaran, dan mereka tidak izin kepada penyelenggara pelatihan.
.
Kata Kunci: evaluasi, model CIPP, pelatihan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter