EFEKTIFITAS MEDIA VIDEO DAN LEAFLET UNTUK PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI SISWI KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI

Melinda Dwi Setya Handini, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Efektifitas Media Video dan Leaflet untuk Pendidikan Kesehatan Reproduksi siswi Kelas 5 di SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desagn penelitian menggunakan quasi experimental desaign dengan pretest-posttest with group. Pengambilan sampel menggunakan simple Random sampling, Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswi yang masing masing dibagi menjadi 2 kelompok. Penelitian ini menggunakan kuisoner. Metode analisis yang digunakan adalah uji statistik menggunakan uji Mann Whitney U-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemberian media video mampu meningkatan pengetahuan tentang menstruasi (menarche) ditunjukkan pada skor sebelum diberikan penyuluhan memiliki rerata 19,9 dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media video rerata menjadi 22,0. Pemberian media leaflet mampu meningkatan pengetahuan tentang menstruasi ditunjukkan pada skor sebelum diberikan penyuluhan memiliki rerata 18 dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media leaflet rerata menjadi 20,1. Media yang lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan tentang menstruasi( menarche) yaitu media audio visual (Video). Hasil mann whitney didapatkan nilai p-value sebesar 0,033, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan pengetahuan responden dengan menggunakan video dan leaflet. Bagi responden sekolah hasil penelitian ini mampu memberikan masukan kepada sekolah agar menggunakan media video dalam menyampaikan pengetahuan.
Kata kunci: Media Video, Media Leaflet, pengetahuan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter