STUDI MENGENAI KOMPETENSI WIDYAISWARA DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI BBPPKS YOGYAKARTA

Anita Yuli Astuti, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi Widyaiswara dalam mengelola pembelajaran, serta faktor pendukung dan faktor penghambat bagi widyaiswara dalam mengelola pembelajaran di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Widyaiswara di BBPPKS Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuesioner terbuka, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisi interaktif. Keabsahan data yang diperoleh melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian ini antara lain: Widyaiswara melakukan penyesuaian berdasarkan kondisi peserta serta Update materi pada RBPMD, RP dan bahan ajar.Widyaiswara menerapkan berbagai metode pembelajaran orang dewasa sehingga dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan membangun komunikasi yang efektif. Widyaiswara menggunakan media sebagai penyampai materi dan pemberi motivasi terhadap peserta. Penilaian pembelajaran menggunakan lembar evaluasi yang sudah disediakan oleh panitia diklat serta menggunakan tanya jawab langsung pada setiap akhir sesi materi.
Kata Kunci: Kompetensi, Widyaiswara, Pengelolaan Pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter