IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DALAM KONTEKS PANDEMI COVID-19 DI SDLB PGRI PREMBUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring dalam konteks pandemi COVID-19 di SDLB PGRI 1 Prembun yang ditunjukkan melalui proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru, orang tua, dan kepala SDLB PGRI 1 Prembun menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan melakukan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di SDLB PGRI 1 Prembun selama pandemi direncanakan dengan lebih sederhana mengacu pada kondisi masing-masing siswa di rumah. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran dilihat dari bukti pengumpulan tugas, atau melalui bukti berupa foto aktivitas siswa di rumah. Orang tua sepenuhnya mendampingi siswa selama proses pembelajaran. Penilaian hasil belajar harian dilihat baik apabila siswa rutin mengirim tugas harian kepada guru. Evaluasi akhir semester dilakukan dengan menghadirkan orang tua untuk mengambil berkas soal sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
Kata kunci: implementasi, pembelajaran, covid-19
Kata kunci: implementasi, pembelajaran, covid-19
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.