PENGARUH AKSES INTERNET TERHADAP MINAT BELAJAR KELAS TINGGI SECARA DARING SD NEGERI TILENG II

Muh. Siddiq Wicaksono, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan akses internet terhadap
minat belajar siswa Kelas Tinggi secara daring di SD Negeri Tileng II yang berlokasi di
Gunungkidul, Yogyakarta. Jenis penelitian termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat analitik dengan metode pengambilan
populasi secara menyeluruh dengan teknik probability sampling. Subjek penelitian ini adalah
siswa Kelas Tinggi SD Negeri Tileng II. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi yang
ditunjukkan oleh hasil uji F dan hasil uji t adalah sama, yakni sebesar 0,072, artinya nilai
signifikansi tersebut lebih besar dari taraf batas kritis penelitian yakni 0,05, sehingga Ha ditolak.
Hasil uji koefisien determinasi yang mengidentifikasi nilai R2 sebesar 0,055 (5,5%), yang
bermakna bahwa variabel akses internet mendukung minat belajar sebesar 5,5%, sementara
94,5% didukung variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Artinya tidak terdapat
pengaruh akses internet terhadap minat belajar siswa Kelas Tinggi pada SD Negeri Tileng II
secara signifikan.
Kata kunci: akses internet, minat belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter