KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PESANTREN MODEREN DI MTS PABELAN MAGELANG

Febry Darul Abror, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian belajar di MTs Pondok Pabelan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis pendekatan penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian yaitu: Faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang dimiliki MTs Pabelan: sikap tanggung jawab untuk melaksanakan apa yang ditugaskan; kedewasaan diri dimulai dari konsep diri, motivasi diri sampai berkembangnya pikiran, karsa, cipta dan karya kesadaran mengembangkan kesehatan, jasmani, rohani dan kebersihan; disiplin diri dengan mematuhi tata tertib yang berlaku, sadar akan hak dan kewajiban, menghormati orang lain dan melaksanakkan kewajiban yang ada. Faktor eksternal, MTs Pabelan Magelang: sarana dan prasarana; dukungan orang terdekat, Karakter kemandirian belajar siswa dibentuk oleh peraturan, pengawasan, pembimbingan oleh semua pihak; peraturan yang harus di taati; program pembelajaran. Para Santri di Pondok Pabelan Magelang mempunyai program pembinaan yang sudah berjalan dengan baik diantaranya muhadoroh.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar Siswa, Pesantren Modern

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter