UPAYA MENGINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN LABEL PASANGAN KATA (METODE MUELLER) DI TK ĀNANDA KULON PROGO

Ema Kartika, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak TK kelompok B menggunakan media label pasangan kata di TK Ānanda Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Ānanda Kulon Progo yang berjumlah 15 anak. Objek penelitian ini berupa kemampuan membaca permulaan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak di TK Ānanda Kulon Progo meningkat dengan penggunaan permainan label pasangan kata secara bertahap melalui langkah-langkah yaitu menyebutkan nama benda yang terdapat pada gambar, memasangkan kartu yang memiliki gambar yang sama, menyebutkan nama huruf vokal, menyebutkan nama huruf konsonan, dan mengeja suku kata terbuka yang sama.
Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, label pasangan kata

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter