PELAKSANAAN PROGRAM DIKLAT P2K2 DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DENGAN BLENDED LEARNING DI BBPPKS YOGYAKARTA

Bety Maharanie, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Pelaksanaan Program Diklat P2K2 dalam Pengelolaan Keuangan dengan Blended Learning di BBPPKS Yogyakarta. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, bersifat interaktif dan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dilaksanakan pada Diklat P2K2 angkatan CXXVIII tahun 2019. Sumber data penelitian adalah penyelenggara diklat, widyaiswara, dan peserta diklat. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data diperoleh dari hasil wawancara yang selanjutnya akan dianalisis kembali untuk menilai apakah data yang diperoleh sesuai dengan yang dibutuhkan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan; Pertama, pelaksanaan Blended Learning Diklat P2K2 dalam Pengelolaan Keuangan secara umum dikatakan bahwa pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan. Kedua, Peserta Diklat P2K2 sebanyak 43 orang dalam angkatan CXXVIII hadir dan mengikuti seluruh proses diklat dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan Blended Learning Diklat P2K2 dalam Pengelolaan Keuangan terlaksana secara efektif.
Kata kunci: Blended Learning, Diklat, Pelaksanaan Program

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter