PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI SMA KOLESE DE BRITTO PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi pemanfaatan google classroom, mendeskripsikan proses pemanfaatan google classroom, dan mengetahui kendala dan solusi dalam pemanfaatan google classroom pada pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA Kolese De Britto pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian yang terdiri dari 1 pendidik mata pelajaran sejarah Indonesia dan 6 peserta didik kelas XI MIPA 1. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi yaitu Kemampuan pendidik mata pelajaran sejarah Indonesia dan peserta didik dalam memanfaatkan google classroom dan keunggulan google classroom. proses pemanfaatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, penilaian. Tidak ada kendala pada proses perencanaan dan penilaian, kendala terjadi pada proses pelaksanaan yaitu perbedaan jaringan internet. Solusi yang dilakukan pendidik adalah peserta didik dilibatkan dalam penentuan waktu pengumpulan penugasan dan mengirim SMS jika terkendala jaringan.
Kata kunci: Pemanfaatan google classroom, mata pelajaran sejarah Indonesia
Kata kunci: Pemanfaatan google classroom, mata pelajaran sejarah Indonesia
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.