PENGEMBANGAN MAJALAH DIGITAL INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PELAJARAN BATIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MEMBATIK SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 3 BANTUL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan produk majalah digital interaktif yang dikembangkan pada materi pelajaran batik. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 3 Bantul kelas VII dengan subjek penelitian yaitu 111 siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan angket. Data dianalisis dengan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penilaian oleh para ahli majalah menunjukkan bahwa majalah digital interaktif memiliki kualitas yang baik. Penilaian ini termasuk dari ahli materi pelajaran (skor rata-rata 3,37), ahli media (skor rata-rata 4), dan ahli desain instruksional (skor rata-rata 4,07). Selain itu, hasil dari uji coba perorangan dengan kategori sangat baik (skor rata-rata 4,77), uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan dengan kategori baik (skor rata-rata 4,20 dan 4,16). Hasil independent t-test diperoleh nilai sig 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan majalah digital interaktif pada pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran membatik.
Kata kunci: Majalah Digital, Batik, Kreativitas
Kata kunci: Majalah Digital, Batik, Kreativitas
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.