PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 06 SUNGAI RUMBAI DHARMASRAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran di SD Negeri 06 Sungai Rumbai pada masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi kepada guru, siswa dan orang tua siswa. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Teknik analisis data terdiri atas sajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persiapan pembelajaran dilakukan oleh sekolah, guru dan orang tua siswa (2) pelaksanaan dilaksanakan secara daring dan luring. Pelaksanaan terdiri dari tiga tahap yaitu: (a) kegiatan pendahuluan (b) kegiatan inti (c) kegiatan penutup (3) evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi sumatif dan formatif (4) faktor pendukungnya yaitu: (a) sarana dan prasarana yang mendukung SOP COVID-19 (b) peraturan kebijakan dari pemerintah (c) kuota internet yang diberikan oleh pemerintah. Adapun faktor penghambat yang ditemukan yaitu: (a) adanya guru yang belum menguasai IT (b) tidak semua siswa memiliki smartphone (c) kurangnya pendampingan orang tua saat siswa belajar di rumah (d) siswa cepat bosan saat belajar di rumah (e) sinyal internet kurang bagus.
Kata kunci: Pandemi, Pembelajaran daring, Pembelajaran Luring
Kata kunci: Pandemi, Pembelajaran daring, Pembelajaran Luring
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.