PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA TEMA 2 KELAS V MI MUHAMMADIYAH KLOPOGODO GOMBONG TAHUN AJARAN 2020/2021

Faridhatul Khasanah, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring, hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran daring, dan upaya pendidik dalam mengatasi hambatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian adalah kepala sekolah, pendidik, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran daring sesuai dengan RPP. (2) hambatan yang terjadi selama pelaksanaan pembelajaran daring diantaranya keterbatasan terkait handphone dan kuota, keterbatasan waktu orang tua peserta didik dalam mendampingi pembelajaran, serta pendidik kurang bisa memantau tingkat pemahaman peserta didik. (3) upaya yang dilakukan pendidik untuk mengatasi hamabatan adalah pendidik memperbolehkan peserta didik ke sekolah untuk menggunakan wifi sekolah, pendidik membuat kelompok belajar kecil, membentuk whatsapp group, serta membuat video pembelajaran dichanel youtube sekolah.
Kata kunci: Pembelajaran daring, sekolah dasar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter