DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA SMP KRISTEN KRIDA WACANA SRAGEN DALAM PEMBELAJARAN JARAK-JAUH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat disiplin dan tanggung jawab belajar siswa SMP Kristen Krida Wacana Sragen dalam pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester kedua tahun pelajaran 2019/2020 pada masa pandemi Covid-19. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Kristen Krida Wacana Sragen. Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket dan wawancara dengan siswa. Data kuantitatif dari angket dianalisis dengan mengikuti aturan pemberian skor beserta klasifikasi hasil penilaian yang menggunakan skala 4. Data kualitatif dari wawancara dideskripsikan untuk menyertai dan melengkapi gambaran yang diperoleh dari data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, disiplin belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh berada pada kategori baik dengan rata-rata skor akhir 2,70. Kedua, tanggung jawab belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh berada pada kategori baik dengan rata-rata skor akhir 2,84.
Kata kunci: disiplin, tanggung jawab, belajar, siswa
Kata kunci: disiplin, tanggung jawab, belajar, siswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.