STRATEGI PEMBELAJARAN ERA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN BANTUL

Aji Tofa Nashruddin, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan guru sekolah dasar di Kabupaten Bantul dalam mengelola strategi pembelajaran era pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini kuantitatif deskriptif dengan sifat ex post facto, ketika program Belajar dari Rumah mulai diterapkan. Sampel penelitian ini adalah 358 guru yang ditentukan secara random berjenjang. Teknik analisis data yang digunakan adalah matode statistika deskripsif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan guru SD di Kabupaten Bantul dalam mengelola strategi pembelajaran era pandemi Covid-19 termasuk kategori baik, dengan skor 83,99. Cara pelaksanaan pembelajaran yang banyak digunakan adalah memanfaatkan media sosial (98,6%), dengan metode pembelajaran yang banyak digunakan adalah memberikan bahan pembelajaran terprogram pada siswa (89,4%). Media dan sumber belajar yang banyak dimanfaatkan adalah buku cetak (91,9%) dan handphone/smartphone (90,5%). Adapun kendala yang banyak dialami berasal dari faktor lingkungan siswa (89,1%), serta ketersediaan sarana prasarana penunjang pembelajaran jarak jauh (74,9%).
Kata kunci: pandemi Covid-19, strategi pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter