PENGEMBANGAN APE BOARD-GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

Riza Ramadhani, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah alat permainan edukatif board-game yang layak dan efektif. APE board-game tersebut berguna untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak tunagrahita kelas 2 SDLB di SLB Ganda Daya Ananda Sleman. Kelayakan alat permainan edukatif board-game dinilai dari kesesuaian antara APE dengan karakteristik anak tunagrahita. Kemudian keefektifan APE dinilai dari kemampuan APE dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak tunagrahita. Penelitin pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan dengan rentang umur 8-12 tahun. Jumlah subjek penelitian adalah 6 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar kuesioner. Analisis data hasil penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah APE board-game layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak tunagrahita ringan.
Kata Kunci: Alat permainan edukatif, Board-game, Motorik kasar Anak tunagrahita

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter