IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI GEJAYAN

Muhammad Khanafi Jazuli, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mplementasi kurikulum pendidikan inklusi di SD Negeri Gejayan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi kurikulum pendidikan inklusi di SD Negeri Gejayan Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta meliputi tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran. Tahap perencanaan meliputi need assessment awal dan penyusunan silabus yang meliputi penetapan tujuan pembelajaran serta penyusunan Program Pembelajaran Individu (PPI) untuk peserta didik berkebutuhan khusus dan Rencana Pelaksanaan Program (RPP). Tahap pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup dengan kelas terdeferensiasi. Tahapan evaluasi pembelajaran dengan program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok; (2) Kendala-kendala yang dialami dalam mengimplementasikan kurikulum pendidikan inklusi adalah kurangnya kompetensi untuk melayani pendidikan bagi peserta didik berkebutuhan khusus, terbatasnya media pembelajaran untuk peserta didik berkebutuhan khusus, banyaknya jumlah peserta didik berkebutuhan khusus, serta kehadiran guru pendamping khusus yang hanya seminggu satu kali
Kata kunci: Pembelajaran, Inklusi, Guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter