PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS 5C SDI AL FURQON KEBUMEN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Fatia Nur Rahmawati, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar tematik tema lingkungan sahabat kita di kelas 5C SDI Al Furqon Kebumen pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang belum maksimal dikarenakan sulitnya siswa dalam mempelajari materi tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group. Penelitian ini bertempat di SDI Al Furqon Kebumen. Dalam penelitian ini tidak ada teknik pengambilan sampel dikarenakan seluruh populasi dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa, 16 siswa kelas 5C dijadikan sampel untuk kelas eksperimen dan 16 siswa kelas 5B dijadikan sampel untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan observasi. Penelitian ini hanya menilai aspek kognitif siswa. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan independen sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar tematik tema lingkungan sahabat kita kelas 5C di SDI Al Furqon. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji independen sample t-test didapatkan hasil signifikansi sig. (2-tailed) adalah 0,034 < 0,05 dengan kesimpulan adanya pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar tematik tema lingkungan sahabat kita.
Kata Kunci: Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Tematik, Lingkungan Sahabat Kita

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter