PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMA KOLOMBO DEPOK SLEMAN

Ridho Bima Akhirudin, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan langkah-langkah sistematis yang dilakukan dalam mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif “Petualangan Galileo” untuk mata pelajaran fisika kelas XI di SMA Kolombo Depok Sleman, dan mengetahui tingkat kelayakan media “Petualangan Galileo” untuk mata pelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Responden uji coba berjumlah 15 orang siswa, 1 ahli media, dan 2 ahli materi. metode pengambilan data menggunakan angket/kuesioner, dan dokumentasi. Hasil skor penilaian kelayakan produk melalui uji alpha pada dosen sebagai ahli materi sebesar 93 (kategori sangat layak), melalui guru sebagai ahli materi sebesar 93 (kategori sangat layak) dan melalui ahli media sebesar 26 (kategori sangat layak) Selanjutnya pada uji coba lapangan awal diperoleh skor hasil penilaian sebesar169 (kategori layak), pada uji coba lapangan utama diperoleh skor 309 (kategori sangat layak), dan pada uji coba lapangan operasional diperoleh skor 441 (kategori sangat layak).
Kata Kunci : Fisika, Petualangan Galileo, Siswa SMA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter