IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI PERCOBAAN 2 SLEMAN

Diah Riskha Rahmawati, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan pemahaman guru terhadap konsep Gerakan Literasi Sekolah di SDN Percobaan 2 Sleman. (2) mendeskripsikan strategi implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SDN Percobaan 2 Sleman. (3) mendeskripsikan dampak program Gerakan Literasi Sekolah terhadap minat membaca siswa SDN Percobaan 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian kebsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pemahaman para guru SDN Percobaan 2 mengenai pengertian Gerakan Literasi Sekolah sudah cukup luas, meskipun masih ada guru yang beranggapan bahwa Gerakan Literasi Sekolah hanya kegiatan membaca. (2) strategi implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SDN Percobaan 2 adalah menciptakan lingkungan fisik yang ramah literasi, menciptakan lingkungan sosial dan afektif sebagai model komunikasi dan interaksi yang literat, dan menciptakan sekolah sebagai lingkungan akademik yang literat. (3) implementasi Gerakan Literasi Sekolah ini berdampak baik dalam meningkatkan minat baca siswa di SDN Percobaan 2 Sleman.
Kata Kunci: implementasi, Gerakan Literasi Sekolah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter