PENGELOLAAN PROGRAM KELAS PERPUSTAKAAN SISWA KELAS 4 DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA

Nur Muh Ishaq Arrosidi, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan faktor pendukung dan penghambat program Kelas Perpustakaan di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini pustakawan, wali kelas, dan peserta didik. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan: 1) Perencanaan meliputi analisis kebutuhan program, model program, penyusunan RPP, materi, sumber belajar, serta metode pembelajaran. 2) Pelaksanaan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek, metode menggunkanan ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan. Media menggunakana buku, slide powerpoint, video, dan internet. Sumber belajar menggunakan buku dan internet. Peran pustakawan dan wali kelas sama yaitu sebagai penyelenggara serta pengajar. 3) Faktor pendukungnya adalah sarana prasarana dan dukungan dari pihak sekolah. Faktor penghambatnya adalah pemahaman beberapa wali kelas yang kurang terkait program, kurangnya tenaga perpustakaan serta latar belakang pustakawan yang bukan guru.
Kata kunci: Pembelajaran, Program Perpustakaan, Pendidikan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter