PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN MATERI PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media komik pembelajaran materi pengamalan nilai-nilai Pancasila dengan kriteria media dan isi materi yang layak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dari 9 tahap pengembangan Borg & Gall yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan draft produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba lapangan awal, 6) uji coba lapangan, 7) revisi hasil uji coba lapangan, 8) uji lapangan, 9) revisi produk akhir 10) Desiminasi dan implementasi. Subjek uji coba lapangan awal adalah 3 siswa, subjek uji coba lapangan adalah 6 siswa, dan uji lapangan sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, angket validasi materi, angket validasi media, dan angket untuk siswa. Penelitian ini menghasilkan media berupa komik, komik tersebut secara kuantitatif mendapat penilaian dari ahli materi dan ahli media masing masing 3,57 untuk ahli materi dan 4 untuk ahli media, yang merupakan masuk dalam kategori sangat layak. Sementara penilaian yang diberikan siswa pada semua tahap uji coba mendapat nilai rata-rata 4. Sehingga media yang dikembangkan masuk dalam kategori Sangat Layak.
Kata kunci : media komik pembelajaran, pengamalan nilai-nilai pancasila
Kata kunci : media komik pembelajaran, pengamalan nilai-nilai pancasila
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.