EVALUASI PROGRAM ESKTRAKURIKULER INFORMATION AND TECHNOLOGY STUDY COMMUNITY DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Ferika Cahya Rina, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program ekstrakurikuler Information and Technology Study Community di SMK Negeri 2 Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model CIPP. Subyek pada penelitian ini tediri dari 106 orang yang merupakan peserta, pengurus, dan pembina program. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah mix methods yaitu skala, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasar empat aspek yang diteliti program ekstrakurikuler Information Technology and Study Community di SMK Negeri 2 Klaten secara keseluruhan baik yaitu mencapai skor 68,89%. Pertama, pada aspek context program dikategorikan baik karena berada pada skor 72,87%. Kedua, pada aspek input program dikategorikan baik karena berada pada skor 71,56%. Ketiga, pada aspek process program dikategorikan baik karena berada pada skor 61,07%. Keempat, pada aspek product program dikategorikan baik karena berada pada skor 70,02%.
Kata kunci: CIPP, Evaluasi Program, Ekstrakurikuler

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter