PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMKN 2 DEPOK SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar di SMKN 2 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X, XI, XII, pustakawan, guru, serta kepala perpustakaan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data meliputi reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: upaya memaksimalkan pemanfaatan yaitu dengan program wajib kunjung dan promosi, intensitas kunjungan berupa kunjungan mandiri dan kunjungan kolektif. Jenis kegiatan yang dilakukan yaitu kegiatan penugasan dari guru, kegiatan pemanfaatan koleksi, dan kegiatan pemanfaatan fasilitas. Faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan yaitu kenyamanan perpustakaan, kelengkapan koleksi, ketersediaan fasilitas, pelayanan perpustakaan dan juga minat dan kebutuhan dari pengunjung perpustakaan. Kelebihan perpustakaan sekolah adalah dari desain ruang, kelengkapan koleksi, kelengkapan sarana prasarana, serta pelayanan yang baik. Kelemahannya adalah lambatnya pembaharuan koleksi dan kurangnya tenaga perpustakaan.
Kata kunci: Perpustakaan Sekolah, Pemanfaatan Perpustakaan, Sumber Belajar
Kata kunci: Perpustakaan Sekolah, Pemanfaatan Perpustakaan, Sumber Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.